Selasa, 20 Februari 2018

10 Latihan Sederhana Yang Dapat Mengurangi Minus Pada Mata

Mata minus merupakan gejala yang menggangu mata, kelainan yang akan diitimbulkan dari mata minus ini yakni terganggunya pengelihatan seseorang dalam meliat objek atau sesuatu yang memiliki jarak yang jauh. 

Masalah mata ini tidak memperdulikan umur, melainkan siapa saja bisa mengalaminya baik tua maupun muda. Umumnya gangguan pada mata ini atau disebut mata minus ini merupakan gangguan yang asalnya karena kebiasaan buruk kita itu sendiri, seperti membaca buku dengan jarak yang dekat dan ditempat yang gelap, atau yang sekarang paling sering adalah, penggunaan gadget yang terlalu lama yang mana cahaya dari gadget tersebut berbahaya bagi kesehatan mata.

Kebanyakan orang lebih memilih jalan pintas untuk mengatasi masalah yang satu ini yaitu dengan memakai kacamata, dengan itu masalah gangguan pada pengelihatan objek yang jauh dapat dengan mudah teratasi. Namun bagaimanapun mahalnya kacamata tersebut, tanpa kacamata adalah pilihan terbaik untuk mata kita.

Selain kacamata kini juga ada teknologi baru yang dapat mengatasi masalah mata minus tersebut yakni soft lens atau lensa mata. Namun penggunaan soft lens akan menimbulkan resiko terjadinya gangguan pada mata seperti halnya infeksi bahkan kebutaan jika salah dalam penggunaannya.

Tentu saja kamu tidak inginkan hal tersebut terjadi, yang awalnya hanya mengalami gangguan penglihatan jauh malah bertambah menjadi kebutaan atau maslaah lainnya. Oleh karena itu ada beberapa latihan yang dapat mengurangi mata minus secara alami, hal tersebut karena memang pada dasarnya mata minus terjadi akibat kebiasaan buruk kita itu sendiri.

1. Melatih fokus dengan telunjuk
Latihan yang dimaksud yaitu dengan meletakan telunjuk 10 cm didepan hidung kamu kemudian fokuskan pandangan kamu ketelunjuk lalu beberapa saat setelah fokus pada telunjuk alihkan fokus tersebut pada objek dibelakang telunjuk tanpa menggerakan kepala, lalu kembalikan fokus tersebut pada telunjuk. Lakukan hal tersebut berulang ulang dan rutin setiap harinya.
2. Senam Mata
Dengan melihat kekiri, kekanan, memutar dan mengedipkan mata kurang lebih 100 kali setiap harinya secara rutin akan membuat mata lebih lentur, selain itu mengedipkan mata akan membuat mata lebih bersih.
3. Jangan fokus pada satu objek dalam durasi yang lama
Mengalihkan fokus pada banyak objek akan membuat mata tidak kaku dan tegang, misalnya saja jika kamu disekolah dan memperhatikan papan tulis hendaknya mengalihkan pandangan kamu pada objek lainnya selain papan tulis sehingga mata tidak kaku dan tegang.
4. Berjemur
Vitamin D yang berasal dari cahaya matahari dipagi hari sangat baik untuk kesehatan mata, caranya adalah dengan menutup mata kamu lalu arahkan pandangan kematahari sampai mata terasa hangat.
5. Mengompres Mata
Mengompres mata dengan air hangat akan membuat bakteri dan debu pada mata akan hilang, sehingga membuat mata lebih sehat.
6. Menikmati Pemandangan Hijau
Pemandangan hijau alam menurut ilmu kesehatan dapat membuat mata lebih segar dan memberikan ketenangan pada mata. Oleh karena itu hendaknya seminggu sekali kamu bisa melakukan perjalanan ketempat yang memiliki pemandangan alam yang masih sejuk untuk menyegarkan mata kamu.
7. Melatih Otot Mata
Memperhatikan benda bergerak akan melatih otot mata sehingga efektif untuk mengurangi minus mata. Kamu bisa memperhatikan mobil-mobil atau sepeda motor yang berlalu lalang dijalanan selama beberapa menit untuk melatih otot mata.
8. Menangis
Mengeluarkan air mata dapat membuat mata bersih dari kotoran dan membuat mata lembab dan tidak kering. Menangis dapat dilakukan dengan menonton sesuatu yang menyedihkan atau semacamnya tau jika kamu tidak mudah menangis kamu bisa memandangi lilin yang menyala tanpa banyak berkedip hingga air mata keluar.
9. Melakukan pijatan pada daerah mata
Memberikan pijatan pada daerah dekat mata setiap bangun pagi dapat membuat peredaran darah pada mata menjadi lancar sehingga membuat mata rileks.
10. Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A
Seperti kita tau bahwasanya makanan yang mengandung vitamin A dapat menjaga kesehatan mata, selain itu betakaroten, omega 3, luthein, lychopene, dan zink juga merupakan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata.
Itulah latihan yang dapat menjaga kesehatan mata dan mengurangi mata minus secara alami sehingga mata terbebas dari kacamata dan juga soft lens yang tentunya merepokan.
Pesan : Selain menjaga kesehatan mata, menjaga mata dari dosa juga perlu dilakukan agar membuat pengelihatan yang kita punya menjadi berkah.

http://berbagicoretanku.blogspot.co.id/2018/02/10-latihan-sederhana-yang-dapat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar